Posted by : Unknown Minggu, 27 November 2016


Hasil gambar untuk mata juling pada orang dewasa


Hasil gambar untuk mata juling pada orang dewasa






Strabismus atau mata juling adalah efek pengelihatan dimana kedua mata tidak tertuju pada satu objek yang menjadi pusat perhatian. Pada Strabismus, satu mata biasa terfokus pada satu objek, sedangkan mata yang lain bergulir ke luar, ke atas, atau ke bawah.


Strabismus dapat menetap atau hilang timbul. Mata yang tampak juling dapat terlihat lurus dan yang terlihat lurus dapat terlihat juling. Juling juga dapat mengenai pria dan wanita.



Orang dewasa yang mengalami juling sering mengeluh penglihatan ganda / double karena otaknya sudah terlatih untuk menerima bayangan dari kedua mata dan tidak dapat menerima bayangan dari mata yang bergulir atau menyimpang.







Jenis Strabismus yang Sering Ditemui :


1. Esotropia Kongenital (Juling kedalam).

Mata dengan juling kedalam, terjadi saat bayi usia kurang dari 6 bulan. Bayi seperti ini tidak dapat menggunakan kedua matanya secara bersama-sama. pada kebanyakan kasus, diperlukan pembedahan dini untuk dapat meluruskan matanya.


 2. Esotropia Akomodatif.

Merupakan juling yang sering ditemui pada anak-anak usia 2 tahun atau lebih. Pada juling seperti ini, bila anak memfokuskan matanya untuk melihat jelas, maka mata akan tampak juling kedalam. Esotropia Akomodatif dapat terjadi saat melihat objek dari jarah jauh saja, atau bila melihat objek dengan jarak yang paling dekat saja. Bila dengan kacamata juling masih menetap, maka diperlukan tindakan pembedahan. 


3.   Eksotropia.

 Mata Dengan Juling ke luar, merupakan bentuk lain juling yang sering ditemukan. Eksotropia sering terjadi saat pengelihatan anak berfokus pada objek yang jauh. Eksotropia dapat hanya muncul sewaktu-waktu, terutama bila anak dalam keadaan lelah, sakit ataupun sedang melamun. Orang tua harus sering memperhatikan anaknya bermata juling keluar saat berada dibawah sinar matahari terik.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © RANDOM POST - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -